May 27, 2010

Hapus Permanen Akun Facebook

Beberapa kali saya ditanya sama teman bagaimana cara menghapus akun Facebook (FB), terutama sejak masalah keamanan privacy yang sempat booming gara-gara berita ratusan ribu akun FB dijual oleh seorang hecker. katanya "masuk FB itu mudah tapi keluarnya susah". Dari teman-teman sendiri, alasannya bermacam-macam, ada yang karena sudah bosan, akunnya di bobol orang lain, ingin ganti akun baru, sampai cuma gara-gara iseng saja. :D

Kalau saya sendiri, saya punya dua akun FB. satu fake untuk main-main dan satunya aseli untuk silaturahim. Selain dua ini, sebenarnya dulu saya juga punya satu lagi tapi sudah saya delete.

nah, perlu diketahui bahwa untuk menghapus akun FB ada dua pilihan, satu lebih cocok disebut penghapusan sementara (deactive/nonaktif) dan hapus permanen (delete permanently). untuk deactive caranya gampang.

1. login ke FB.

2. Klik Account/Akun di kanan atas jendela Facebook dan pilih Account Settings/pengaturan akun.

3. Kemudian muncul jendela baru (my Account-Setting) dan di bagian bawah, pilih Deactivate Account/ Nonaktifkan Akun - klik deactive/tutup.

4. Pilih salah satu alasan Anda mengapa ingin menghapus akun.

5. klik /confirmkonfirmasi dan masukkan password FB kamu.

6. Kalau kamu sudah menemukan pesan: “Your facebook account has been deactivated” dari tim Facebook maka akun kamu berhasil dihapus.

Nah, ini cuma untuk deactive atau penghapusan sementara, dan suatu saat, kamu masih bisa log in lagi ke akun kamu tersebut. lalu, kalau kamu ingin MENGHAPUS PERMANEN ikuti cara yang ini ( yang sabar ya, soalnya rada ribet ):

1. hapus semua teman kamu dengan cara mengklik tanda “x” lalu memilih “remove friend”.

2. hapus semua foto di halaman album. Caranya, masuk ke halaman foto, lalu pilih album dan pilih “delete this album”.

3. hapus semua komentar yang kamu kirim, dengan cara masuk ke halaman profile lalu pilih tanda “x” dan pilih “delete” di setiap kotak wall dan komentar kamu

4. hapus keanggotaan dari groups, fan, dan supporter di halaman INFO. Caranya dengan mengunjungi group yang kau ikuti lalu pilih “remove” atau “leave “.

5. Hapus semua info tentang kamu. Pilih “info” edit.

6. Remove semua tag yang ada di halaman foto dan catatan kamu.

* POKOKNYA INTI DARI NO. 1-6 ADALAH MENGHAPUS SEMUA INFORMASI DAN KONTEN YANG TERKAIT DENGAN AKUN KAMU (ribet kan??!!) :p

7. Kirim email permintaan penghapusan akun ke:
https://ssl.facebook.com/help/contact.php?show_form=delete_account



Klik Submit/Kirim.

8. Masukkan password FB dan verifikasi kata yang muncul.



9. Setelah terkonfirmasi, facebook akan memberitahukan bahwa kalau Kamu tidak login selama 14 hari, maka akun kamu tersebut akan terhapus dan tidak bisa direcovery alias dihapus permanen.



10. Facebook akan log out otomatis.

11. setelah 14 hari, coba kamu periksa akun kamu dengan login lagi ke FB yang tersebut. kalu tidak bisa masuk berarti FB kamu sudah benar-benar dihapus. SELAMAT. God Bye FB !!

* catatan: kalau belum berubah, sesuai Statement of Rights and Responsibilities atau yang biasa disebut ToS (Term of Service), pihak FB mengklaim punya hak atas semua konten yang di-up load penggunanya, seperti foto, video, catatan, dst. jadi, meskipun pengguna sudah menghapus konten mereka, FB masih punya hak untuk menyimpan salinan bahkan menggunakannya untuk kepentingan mereka. Makanya, kamu sebaiknya tidak meng-up load atau memposting rahasia-rahasia penting yang selayaknya tidak usah diketahui orang lain.

No comments:

Post a Comment

Other Articles