Apr 17, 2010

Instalasi Mudah Windows XP

Sebelumnya, dulu saya sempat bingung banget untuk menginstal windows di PC. Saya liat beberapa temen kok kayaknya ribet saat instalasi. Tapi akhirnya, gara-gara computer yang saya pakai waktu itu sudah lemot banget, bikin stress aja lama-lama, akhirnya nekat juga saya coba sendiri untuk memformat dan reinstall windows di PC saya tadi dan ternyata… gak sesulit dugaan. hehehe..

Nah, mungkin buat sharing sedikit (biarpun saya juga gak terlalu ngerti computer dan yang pasti sudah banyak sekali yang posting semacam ini) berikut ini saya tuliskan cara instalasi windows xp sesuai pengalaman saya sendiri setelah beberapa kali melakukannya. Tentunya semoga yang saya tulis ini bermanfaat serta sangat gampang dan jelas buat dipahami. (kalo masih kurang jelas ya, mohon maaf !!)

Yups, mungkin sebelumnya saya ingatkan dulu bagi yang pengen install ulang windows, sebaiknya perhatikan yang berikut ini:

- Karena proses instalasi agak sedikit lama (kira-kira 50-an menit dari awal sampe akhir) maka sebaiknya siapkan cemilan atau minimal minuman biar gak bĂȘte nunggu.

- Jangan lupa, kalo ada file-file yang penting (yang ada di local C, biasanya) sebaiknya dibackup atau dipindah terlebih dulu biar gak nyesel kalo kehapus ilang.

- Sebaiknya install windows yang sesuai spesifikasi computer ya, biar gak masalah nantinya.

- Nah kalo udah siap semua, monggo untuk install computernya.

- Sebagai tambahan, dalam system bios ini yang kita pakai sebagai input adalah keyboard. Disana juga akan ada petunjuk berbagai tombol perintah. Jadi sebenarnya gampang banget nginstal itu.

1. Masukkan CD XP-nya ke CD Room.

2. Pilih booting awal ke CD Room dengan masuk Bios. Caranya adalah dengan restart lalu tekan tombol del pada keyboard saat proses booting (saat booting akan ada tulisan press del to set up di bagian bawah layar) tekan tombol del untuk masuk ke system bios lalu pilih sub menu management booting atau advance bios feature sequence. ENTER.

3. Rubah boot first device ke CD Room menggunakan tombol navigasi di keyboard. Tekan ENTER. Lalu save dengan menekan tombol F8.

4. Setelah proses booting selesai, akan muncul tulisan press any key to boot from CD (tekan sembarang tombol.

5. Akan muncul layar windows warna biru, dengan tulisan set up di pojok kiri atas. tekan ENTER.

6. Akan muncul layar windowsXP licensi agreement. Tekan F8 untuk masuk ke layar windows XP process set up.

7. Tekan Esc untuk melanjutkan.

8. Tekan ENTER untuk set up.

9. Tekan continue, untuk lanjut.

10. Akan ada pilihan NTFS/FAT/NTFS (quick). Sebaiknya pilih NTFS atau NTFS Quick.

11. Tekan tombol ( F) untuk formatting. Lalu ENTER. Dan tunggu sampai selesai proses ini. Di tengah proses ini windows akan meminta kita untuk mengisi bahasa (language), zona waktu, personalisasi dan serial Number, nama computer dan password admin (name computer and admin password), domain/tidak. Klik NEXt untuk terus melanjutkan.

12. Tunggu sampai selesai ya… dah gitu doank.

13. Jangan lupa kalo sudah selesai, install driver serta program-program yang kita butuhkan.

Nah gampang kan…?!!

OK, selamat menginstal…!

No comments:

Post a Comment

Other Articles